Image of Model pengembangan montessori Islami

Text

Model pengembangan montessori Islami



Buku Model Pembelajaran Montessori Islami ini hadir dari kepedulian penulis terhadap metode pembelajaran yang sesuai untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Buku ini membahas tentang pengembangan model pembelajaran Montessori Islami yang dilakukan dengan konstruksi sintaks baru dengan bertitik tolak dari Model Montessori. Selain itu, pembaca juga terlebih dahulu diajak untuk mengetahui Filosofi Montessori secara lebih mendalam sebelum masuk ke pembahasan Montessori Islami sehingga pemahaman pembaca menjadi lebih jelas. Model Montessori Islami menyinergikan antara prinsip pelaksanaan model pendidikan Montessori dengan pendidikan Islam yang berpedoman kepada Al-Qur’an dan hadis. Model pembelajaran Montessori Islami adalah model pembelajaran dengan nilai-nilai Islam yang terdapat di dalamnya dan pendekatan berpusat kepada siswa. Selain pengembangan lima area yang sudah tersedia sebelumnya ditambah area pengembangan kreatif yang terintegrasi ke semua area yang ada, model pembelajaran Montessori Islami dilengkapi dengan media pembelajaran yang tertata rapi dan dapat digunakan khusus untuk area pembelajaran agama Islam. Area ini dilengkapi dengan peralatan yang digunakan untuk menunjang pembelajaran agama Islam yang dibagi dalam empat kategori pengajaran yaitu: 1) Akidah, 2) Ibadah, 3) Akhlakul Karimah, dan 4) Sirah Nabawiyyah.
--------—
Daftar isi
BAGIAN I LEBIH DEKAT DENGAN MONTESSORI
BAB 1 BERKENALAN DENGAN MONTESSORI
A. Montessori Sang Perempuan Pendidik
B. Kritik untuk Montessori

BAB 2 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK
A. Pertumbuhan Fisik
B. Perkembangan Sosial
C. Peran Ibu untuk Perkembangan Emosional Anak
D. Perkembangan Kognitif
E. Perkembangan Bahasa
F. Perkembangan Seni dan Kreativitas

BAB 3 MEMAHAMI IDE DAN PEMIKIRAN MONTESSORI
A. Pikiran yang Mudah Menyerap
B. Masa Peka
C. Lingkungan yang Dipersiapkan
D. Kebebasan

BAB 4 KONSEP UTAMA PENDIDIKAN MONTESSORI
A. Konsep Utama Montessori
B. Proses Normalisasi Melalui Bekerja

BAB 5 KURIKULUM MONTESSORI
A. Memahami Pendidikan Kosmik
B. Panduan Kurikulum Montessori
C. Area-Area Pembelajaran Montessori
D. Kelas di Luar Ruangan

BAB 6 KURIKULUM KREATIF MONTESSORI
A. Seni Kreatif dan Prakarya
B. Musik dan Gerakan
C. Sastra Anak di Kelas Montessori

BAB 7 PENGEMBANGAN LITERASI DI KELAS MONTESSORI
A. Mendidik Anak melalui Bercerita
B. Kegiatan Literasi di Kelas Montessori

BAB 8 ALUR PEMBELAJARAN MONTESSORI
A. Konsep Belajar dan Pembelajaran
B. Alur Pembelajaran Montessori
C. Tujuan Pembelajaran Montessori
D. Presentasi Pembelajaran Montessori

BAB 9 GURU SEBAGAI FASILITATOR
BAGIAN II MODEL MONTESSORI ISLAMI UNTUK PENDIDIKAN AGAMA

BAB 10 MODEL PEMBELAJARAN MONTESSORI ISLAMI
A. Montessori dan Pendidikan Islam
B. Montessori Islami
C. Pendidikan Agama Islam untuk Anak Usia Dini

BAB 11 MODEL PEMBELAJARAN MONTESORI ISLAMI UNTUK AREA PENDIDIKAN AGAMA
A. Identifikasi Alur Pembelajaran di Kelas
B. Keterpaduan Pendidikan Islam dan Montessori
C. Evaluasi dan Penilaian Hasil Belajar Anak Usia Dini


Ketersediaan

PR240307371.392 DAR m C.1Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
PR240308371.392 DAR m C.2Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.392 DAR m
Penerbit Remaja Rosdakarya : Bandung.,
Deskripsi Fisik
xv, 261 halaman : ilustrasi ; 25 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-446-682-4
Klasifikasi
371.392
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
Cetakan pertama, Agustus 2023
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this